Cara Mengubah Template Blogspot Menjadi SEO Friendly

blogger templates
Cara Mengubah Template Blogspot Menjadi SEO Friendly - Cara menjadikan/membuat/mengubah template blog/blogspot/web menjadi/lebih SEO friendly/mudah diindex oleh google/mesin pencari/search engine.
SEO Friendly
Punya template yang SEO Friendly memang mengasyikkan. Kenapa? Karena kalau template blog kita sudah SEO Friendly, maka setiap post artikel yang kita posting akan mudah diindex oleh Google dan kawan-kawannya, sehingga blog kita akan punya banyak pengunjung. Tapi sayang, pada template default blogger strukur template nya kurang SEO Friendly, oleh karena itu kita perlu memodifikasinya sehingga akan menjadi SEO Friendly. Ohya, jangan-jangan sobat belum tau ya apa itu SEO Friendly? SEO Friendly artinya “ramah SEO”, artinya kalau template blog kita SEO Friendly, maka akan ramah dengan SEO dengan begitu akan disayang oleh si mbah Google dan cucu-cucunya, hehe.. Oke, langsung saja berikut langkah-langkah membuat template blogspot menjadi SEO Friendly:

>> Klik jika ingin membacanya.
2. Pasang Meta Tag Keyword dan Deskripsi di Blog
3. Memasang Kode Cannonical Link Element di Blog
Tujuan dari langkah ketiga ini adalah mencegah terjadinya duplicat content. Dikarenakan Google dkk sangat tidak menyukai adanya duplicat content, maka untuk menghindarinya kita bisa menambahkan kode Cannonical link element di template blog kita. Bagaimana sih contoh duplicat content itu? Perhatikan contoh dua url berikut yang sebenarnya sama tapi berbeda, berikut adalah contoh url post dan show comment:
http://namablog.blogspot.com/2011/4/judul-post.html
http://namablog.blogspot.com/2011/4/judul-post.html?ShowComment=12345678910

Contoh diatas akan mengakibatkan terjadinya duplicat title dan deskripsi. Nah, supaya Google tidak mengindex url yang kurang berguna (nomor 2), maka kita harus memberitahukan kepada Google agar mengindex url yang pertama saja, yaitu dengan menambahkan kode canoonical link element. Lantas bagaimana caranya? Mudah saja, tambahkan kode yang tercetak tebal berikut tepat di atas kode <b:skin><![CDATA[
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> 
4. Memasang Navigasi Breadcrumb di Blog
5. Membuat Auto Readmore di Blog
6. Membuat Related Post atau Artikel Terkait
7Menambahkan berbagai meta tag contentdi atas tepat di atas kode <b:skin><![CDATA[
<meta content='1 day' name='revisit-after'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8'   http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content=' global' name='target'/>
<meta content='index, follow, snipet' name='googlebot'/>
<meta content='follow, all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='alexabot'/>
<meta content='follow, all' name='Slurp'/>
<meta content='follow, all' name='ZyBorg'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='ALL' name='SPIDERS'/>
<meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
Ket: Fungsi pemasangan berbagai jenis meta tag content ini adalah memudahkan search engine untuk mengindex blog kita dan menginformasikan kepada seacrh engine robot apa saja yang boleh memasuki blog kita. Meta tag content di atas sudah cukup lengkap dan sering digunakan oleh master blog.
8.  Simpan template blog sobat..!

Akhirnya, selesai juga kita mengubah template kita menjadi SEO Friendly. Oke, sekian tips dari saya mengenai cara menjadikan template blogspot menjadi SEO Friendly, apabila ada kata-kata yang kurang dipahami saya minta ma’af. Semoga saja dengan tips-tips diatas, blog sobat bisa lebih disayang oleh search engine dan meningkat pengunjungnya.

0 Response to "Cara Mengubah Template Blogspot Menjadi SEO Friendly"

Posting Komentar